-->

Ad Unit (Iklan) BIG

;

Merapikan Dokumen: Rata Kanan, Kiri atau Tengah

Posting Komentar
Salah satu yang diinginkan dari dokumen atau artikel yang diketik dalam aplikasi Word ini adalah kerapihan dokumen. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merapikan bagian kiri, kanan atau keduanya. Caranya sangat mudah, baik melalui menu yang tampil di tab menu, maupun melalui shortcut menu pada keyboard. Inilah salah satu kelebihan penggunaan komputer di masa kini, dimana dahulu apabila menggunakan mesin ketik, tentu saja hanya bisa menggunakan rata kiri. 

Perhatikan gambar berikut ini.



Dari gambar di atas dapat dengan mudah disimpulkan bagaimana merapikan dokumen menggunakan menu pada toolbar. Perhatikan garis merah, tiap paragraf mewakili perintah rata kiri, rata kanan, dan tengah. Cukup dengan memainkan mouse pada menu bar diatas (kotak merah), maka hasilnya pun akan terlihat. Untuk dokumen yang pendek, tentu mudah saja menggunakan bar. Bagaimana dengan dokumen yang panjang sampai puluhan halaman?

Perintah merapikan paragraf tersebut diatas memiliki jalan pintas (shortcut) yang berupa kombinasi tombol Ctrl dan Huruf. Posisi default dari Microsoft Word adalah rata kiri. Tombol shortcut tersebut adalah:
- Ctrl+L, maka paragraf akan menjadi rata kiri (left)
- Ctrl+R, paragraf akan berubah menjadi rata kanan (right) 
- Ctrl+E, posisi paragraf akan menjadi rata tengah (center)

Ada satu lagi perintah untuk meratakan bagian kiri maupun kanan, jadi otomatis dokumen akan rata di bagian kiri dan kanan sekaligus. Pada menu bar, pilihannya ada pada toolbar paling kanan. Adapun tombol shortcut yang digunakan adalah Ctrl+J (justify).

Demikianlah sekilas informasi mengenai cara merapikan dokumen agar tampil rata kanan atau rata kiri, maupun keduanya. Semoga bermanfaat!


tags: dokumen, merapikan paragraf, rata kiri, rata kanan, rata tengah, tombol shortcut

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter