-->

Ad Unit (Iklan) BIG

;

Cara Menggunakan Format Huruf Superscript dan Subscript

Posting Komentar

Format superscript dan subscript biasanya digunakan dalam bidang ilmu Kimia dan Matematika. Misalnya tulisan H2O akan ditampilkan H2O, dimana angka 2 disimpan di bawah dan lebih kecil. Juga dalam bidang hitungan, contoh X2 = X dikali X ditulis X2, angka 2 disimpan di atas dan lebih kecil. Masih banyak contoh lainnya seperti urutan angka 1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th dan seterusnya. Sangat mudah menerapkan format huruf ini pada aplikasi MS Word, baik melalui baris menu ataupun tombol keyboard (shortcut). Berikut ini pembahasannya.

Pertama, yang harus dilakukan adalah memblok angka atau huruf yang akan diformat superscript maupun subscript. Seperti menulis rumus kimia Oksigen O2, maka angka 2 diblok (highlight) lebih dulu sebelum diformat.

Kedua, setelah diblok angka 2 pada O2 silakan klik logo subscript x2 di baris menu di atas kelompok Font. Atau bisa juga menggunakan tombol shortcut “Ctrl” + “=” pada keyboard.

Dua langkah itu saja untuk menerapkan format superscript dan subscript pada angka atau huruf. Sedangkan shortcut untuk masing-masing, yaitu “Ctrl” + “=” untuk subscript, “Ctrl” + “+” untuk superscript.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada gambar dibawah ini.

Format Font 

Semoga bermanfaat!

 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter