-->

Ad Unit (Iklan) BIG

;

10 Tips Microsoft Word yang Paling Banyak Dicari

Posting Komentar

Microsoft Word adalah perangkat lunak (software) yang umum digunakan untuk membuat dokumen kerja. MS Word menjadi salah satu aplikasi yang bermanfaat menunjang produktivitas dalam dunia kerja dan usaha. Sebab itu, mengoperasikan Microsoft Word menjadi keahlian yang harus dimiliki oleh setiap pekerja maupun wirausahawan. Meskipun menggunakan MS Word ini terbilang mudah, tetapi masih banyak yang kesulitan dalam memanfaatkan fitur-fiturnya. Berikut ini 10 tips Microsoft Word yang paling banyak dicari orang.

1. Menghilangkan garis merah di Microsoft Word

Tahukah Anda bahwa garis merah di Microsoft Word berfungsi sebagai tanda koreksi jika ada kata yang salah pengetikannya. Lalu, kenapa saat mengetik, banyak garis merahnya? 

Ini disebakan bahasa yang digunakan dalam Microsoft Word adalah bahasa Inggris, sedangkan Anda mengetik kata atau kalimat dalam bahasa Indonesia. Sedangkan pada saat bahasa Inggris yang diketik, garis merah tersebut tidak muncul.

2. Mengubah format dokumen Microsoft Word ke PDF

Kini, membuat dokumen PDF melalui Microsoft Word sudah dilakukan secara mudah. Tidak perlu repot mengubah format dokumen secara online. Caranya, buka dokumen Microsoft Word, lalu pilih File > Save as. Selain itu, juga bisa menggunakan ikon save as yang ada di bagian quick access toolbar.

3. Membuat checklist di Microsoft Word

Membuat tanda centang (checklist) di Microsoft Word kini sangat mudah. Cobalah, klik file > options. Selanjutnya, pilih customize ribbon. Pada main tabs, terdapat pilihan developer. Beri tanda checklist pada developer, lalu OK.

Menu developer sekarang sudah ada di toolbar Microsoft Word. Nah, untuk membuat tanda checklist, klik developer dan pilih check box dengan logo kotak bertanda centang seperti pada gambar. Anda sudah bisa membuat checklist di Microsoft Word. Kalau ingin menambahkan checklist lainnya, klik lagi tanda checkbox yang ada di toolbar developer.

4. Kompres gambar di Microsoft Word

Microsoft Word itu menjadi salah satu software yang serba bisa. Diantaranya yaitu bisa mengurangi ukuran file (kompres) gambar yang ada di dokumen di Microsoft Word.

5. Kompres file Microsoft Word

Mengurangi ukuran file Microsoft Word tak perlu repot menggunakan aplikasi perantara online. Anda bisa langsung kompres file tersebut melalui Microsoft Word secara langsung. Caranya dengan klik file > save as untuk membuat file baru dengan ukuran dokumen yang berbeda. Anda bisa mengubah nama file, dan lanjut dengan klik tools > compress picture. Beri tanda checklist pada delete cropped area of picture dan E-mail (96 ppi), lalu klik OK. 

6. Membuat tanda tangan digital di Microsoft Word

Microsoft Word mempermudah untuk menambahkan tanda tangan ke dalam dokumen yang sedang dibuat. Jadi tidak perlu lagi mencetak dokumen dahulu untuk ditanda tangan menggunakan pulpen, lalu memindai dokumen tersebut dengan scanner. 

Pertama, siapkan dulu tanda tangan digital dalam format gambar PNG atau JPG. Kemudian, sisipkan tanda tangan tersebut ke dalam dokumen dengan cara klik insert > picture. Pilih tanda tangan digital yang bisa disisipkan ke dalam dokumen Microsoft Word. Setelah itu, klik insert. Ukuran tanda tanga bisa diatur kembali untuk menyesuaikan dengan lembar dokumen.

7. Menambahkan tautan dengan hyperlink

Fungsi hyperlink pada Microsoft Word adalah untuk menambahkan tautan yang berasal dari internet ke dalam kata atau kalimat yang ada di sebuah dokumen. Kita tak perlu lagi mencantumkan tautan (link) panjang ke dokumen. Untuk menambah tautan dengan menggunakan hyperlink di Microsoft Word dimulai dengan block kata atau kalimat yang ingin ditambahkan dengan link. 

Setelah itu, klik kanan pada kata atau kalimat yang sudah di-block. Kemudian, klik hyperlink. Nanti akan muncul kotak dialog untuk menambahkan link. Jika sudah, klik OK.

Selesai! Saat Anda klik kata atau kalimat tersebut akan langsung muncul tab browser yang merujuk ke tautan yang ditambahkan pada hyperlink Microsoft Word.

8. Menerjemahkan dokumen

Menerjemahkan kata, kalimat, atau paragraf dalam dokumen tidak perlu copy dan paste lagi ke translator online. Di Microsoft Word bisa menerjemahkan sebagian atau keseluruhan dokumen secara langsung, dengan syarat tersambung dengan koneksi internet.

Untuk menerjemahkan kata, kalimat, atau paragraf tertentu, block terlebih dahulu. Lalu klik review > translate > translate selection. Dalam beberapa detik, bagian yang diterjemahkan akan muncul di sebelah kanan. Andabisa pilih bahasa yang ingin digunakan.

Hebatnya lagi, Anda juga bisa menerjemahkan seluruh konten dalam satu dokumen dengan klik review > translate > translate document. Setelah itu, muncul jendela dialog untuk mengatur bahasa yang digunakan dalam dokumen dan yang akan diterjemahkan. 

Setelah klik OK, akan terhubung dengan microsoft translator di jendela browser yang muncul secara otomatis.

9. Membuat tabel

Kalau Anda ingin membuat tabel dengan jumlah kolom dan baris yang masih dapat dijangkau, pilih insert > table, kemudian pilih jumlah baris dan kolom yang diperlukan untuk membuat tabel di Microsoft Word.

Membuat tabel seperti di atas hanya berlaku untuk 10 kolom dan 8 baris, Anda juga bisa custom table menyesuaikan kebutuhan kolom dan baris yang kamu inginkan. 

Masih di insert > table, lalu insert table. Kemudian, isi jumlah kolom dan baris yang diinginkan. Jika sudah, klik OK. 

10. Membuat CV di Microsoft Word

Salah satu kemudahan yang ditawarkan Microsoft Word adalah bisa membuat CV untuk melamar kerja dengan mudah dan cepat. Cukup menggunakan template menarik yang tersedia dengan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan.

Demikian, 10 tips Microsoft Word yang paling banyak dicari pengguna internet. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter