-->

Ad Unit (Iklan) BIG

;

Fitur Microsoft Word yang Sering Digunakan

Posting Komentar

Banyak fitur yang terdapat dalam aplikasi Microsoft Word yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Namun, ada beberapa fitur yang umum dan sering digunakan. Fitur ini merupakan hal yang harus diketahui dalam belajar MS Word. Berikut ini beberapa fitur Microsoft Word yang sering dipakai dalam membuat dokumen. Belajar, membaca dan langsung praktekkan, semoga lancar. 

1. Mengubah Ukuran Kertas

Pengaturan default ukuran kertas pada Microsoft Word adalah ukuran A4. Tetapi, Anda bisa mengubah ukuran kertas ini sesuai kebutuhan dengan cara klik menu Page Layout, lalu klik menu Size, setelah itu akan muncul beberapa ukuran kertas yang bisa dipilih.

2. Mengubah Orientasi Kertas

Orientasi kertas atau posisi kertas ada dua macam, yaitu Potrait dan Landscape. Defaultnya adalah potrait, bisa diubah menjadi landscape dengan cara klik menu Page Layout, lalu klik Orientation pada menu Page Setup pada Ribbon.

3. Memperbesar dan Memperkecil Tampilan Kertas

Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan Microsoft Word, Anda bisa menggunakan menu Zoom yang ada pada pojok kiri bawah. Atau dengan cara menggeser garis atau klik simbol (+) atau (-).

4. Mengatur Margin

Margin adalah jarak antara tepi kertas dengan tulisan. Ada empat tepi kertas yang bisa kita atur jaraknya yaitu atas, bawah, kanan, dan kiri. Microsoft Word sudah menentukan Margin Default pada dokumen baru. Anda bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan dokumen. 

Cara mengatur Margin: klik menu Page Layout, Lalu klik Margin pada menu Page Setup. Lalu akan muncul beberapa pilihan Margin, klik Custom Margin, setelah itu masukkan berapa jarak yang dibutuhkan dari segala sisi kertas.

5. Mengubah Jenis dan Ukuran Font

Secara default untuk jenis dan ukuran font di Microsoft Word adalah Calibri dengan ukuran 11. Ada banyak jenis dan juga ukuran font pada Microsoft Word yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Cara mengubah ukuran dan jenis font adalah dengan klik menu Home, lalu akan muncul menu Font pada Ribbon. Setelah itu Anda bisa mengatur jenis dan ukuran fontnya.

6. Mengatur Spasi Antar Baris

Spasi antar baris adalah jarak antara baris pertama pada tulisan dengan baris selanjutnya. Anda bisa mengatur spasi antar baris ini di menu Home, lalu akan muncul menu Paragraph pada Ribbon, selanjutnya pilih berapa jarak antar baris yang diperlukan.

7. Mengatur Huruf Kapital

Untuk mengatur huruf kapital caranya cukup mudah, Anda bisa mengaturnya dengan klik menu Home, lalu klik menu dengan simbol Aa. Untuk cara lebih mudahnya bisa juga menggunakan Caps Lock pada keyboard, atau menggunakan shortcut Shift+(huruf pada keyboard).

8. Membuat Tabel

Untuk menambahkan tabel, Anda bisa membuatnya dengan cara klik menu Insert, lalu klik Table. Setelah itu bisa dipilih berapa banyak kolom dan baris yang diperlukan. Atau bisa juga dengan cara memasukkan jumlah kolom dan baris sebanyak yang dibutuhkan dengan klik menu Insert Table.

9. Memasukkan Gambar

Anda juga bisa menyisipkan gambar pada dokumen Microsoft Word. Caranya adalah dengan klik menu Insert, lalu klik menu Picture. Setelah itu pilih gambar yang tersimpan di perangkat komputermu.

10. Membuat Header dan Footer

Header merupakan catatan yang berada di atas sebuah halaman, sedangkan Footer merupakan catatan yang berada di bawah halaman. Anda bisa memasukan Header berupa teks maupun gambar yang nantinya akan muncul pada setiap halaman dokumen.

Cara membuat Header dan Footer adalah klik menu Insert, lalu klik Header atau Footer. Setelah itu pilih jenis Header atau Footer yang ingin digunakan, lalu tuliskan teks di Header atau Footer pada dokumen.

11. Memberi Nomor Halaman

Untuk memberi nomor halaman pada Microsoft Word caranya adalah klik menu Insert, lalu klik menu Page Number. Setelah itu akan muncul pilihan dimana Anda bisa memasukan nomor halaman pada lembar dokumen.

12. Membuat Daftar List

Kamu bisa memasukan daftar list pada Microsoft Word dengan bentuk bulatan, angka, huruf dan lain-lain. Caranya adalah klik menu Home, lalu klik menu daftar pada Ribbon Paragraph.

13. Huruf Tebal, Miring, dan Garis Bawah

Untuk membuat huruf tebal, miring, atau bergaris bawah, caranya adalah klik menu Home, lalu klik B untuk mempertebal huruf, I untuk huruf miring, dan U untuk garis bawah.

14. Mengatur Alignment

Alignment adalah rata tulisan pada dokumen. Ada 4 jenis alignment yang bisa kamu pilih yaitu rata kanan, rata kiri, rata tengah, dan rata kanan kiri. Caranya adalah klik menu Home, lalu klik salah satu menu Alignment yang diperlukan.

15. Menyimpan Dokumen

Setelah Anda selesai mengetik dokumen, selanjutnya adalah menyimpan dokumen. Untuk menyimpan dokumen silakan klik menu Save yang ada di pojok kiri atas. Selain itu juga bisa menyimpan dokumen dengan cara klik menu File lalu klik Save atau Save As untuk menyimpan dokumen dengan nama baru.

Selamat belajar!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter