-->

Ad Unit (Iklan) BIG

;

Panduan Dasar Mengenal Tampilan Menu Microsoft Office 2010

Posting Komentar

Terimakasih sudah mengunjungi blog belajar MS Word ini. Kali ini akan membahas hal dasar yang perlu diketahui, yaitu pengenalan tampilan antarmuka di Microsoft Office 2010. Untuk pengguna yang baru belajar, tentunya penting untuk mengenal tampilan menu di MS Office 2010 beserta dengan fungsinya masing-masing. Artikel ini semoga bisa menjadi panduan dasar mengenal tampilan menu di Microsoft Office 2010. Tampilan antarmuka MS Office terbaru tentu ada sedikit perbedaan dengan yang dibahas dalam artikel ini. Mari kita pahami berbagai bagian penting dari tampilan berikut ini.



File Tab

File tab menggantikan tombol Office dari Word 2007. Ini merupakan perubahan yang cukup drastis dari versi sebelumnya. Anda dapat mengkliknya untuk memeriksa tampilan menu dibelakangnya. Di sinilah aktivitas yang berkaitan dengan file, seperti membuka file, menyimpan file, membuat dokumen baru, mencetak dokumen, dan melakukan operasi terkait file lainnya.

Quick Access Toolbar

Ini akan Anda temukan tepat di atas File tab, yang merupakan tempat dimana terdapat menu perintah yang paling sering digunakan di Word. Anda dapat menyesuaikan baris menu perintah (toolbar) ini berdasarkan kebutuhan.

Ribbon


Ribbon berisi perintah yang disusun dalam tiga komponen:

  • Tab: berada di bagian atas Ribbon dan berisi kelompok perintah terkait. Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab pada Ribbon.
  • Groups: yang mengatur perintah terkait, setiap nama grup muncul di bawah grup pada Ribbon. Misalnya, sekelompok perintah yang berhubungan dengan font atau sekelompok perintah yang berhubungan dengan perataan, dll.
  • Commands: perintah yang muncul dalam setiap grup seperti yang disebutkan di atas.

Title bar

Berada di tengah atas dari jendela Office Word, menampilkan nama file dokumen dan aplikasi Word.

Rulers

Word memiliki dua rulers (penggaris) - penggaris horisontal dan vertikal. Penggaris horisontal berada dibawah Ribbon dan digunakan dalam menentukan margin serta tabulasi. Sedangkan penggaris vertikal berada di sebelah kiri dari jendela MS Word dan digunakan untuk mengukur bagian dari halaman seperti margin atas bawah ataupun header footer.

Help

Ikon Help dapat digunakan untuk membantu penjelasan dari hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi Word kapan saja dibutuhkan.

Zoom Control

Zoom control memungkinkan Anda untuk melihat lebih dekat tulisan pada artikel Word. Anda bisa klik tombol + untuk memperbesar tulisan atau tombol - untuk memperkecilnya. Bisa juga menggunakan slider ke kanan untuk pembesaran dan ke kiri untuk mengecilkan.

View Buttons

Grup yang berisi lima tombol ini berada di sebelah kiri Zoom control, di bagian bawah layar, berfungsi untuk menampilkan dokumen dalam berbagai tampilan layar.

  • Print Layout view: menampilkan halaman persis seperti hasil cetaknya.
  • Full Screen Reading view: dokumen tampil dalam satu layar penuh.
  • Web Layout view: tampilan dokumen apabila dibuka pada browser website.
  • Outline view: memungkinkan Anda bekerja dengan kerangka yang dibuat menggunakan gaya judul standar Word.
  • Draft view: format teks tampil seperti yang terlihat pada halaman cetakan dengan beberapa pengecualian. Misalnya, header dan footer tidak ditampilkan. 

Document Area

Ini adalah area tempat Anda mengetik. Garis kecil vertikal yang berkedip disebut titik penyisipan dan mewakili lokasi di mana teks akan muncul saat Anda mengetik.

Status Bar

Menampilkan informasi dokumen serta lokasi titik penyisipan. Dari kiri ke kanan, bilah ini berisi jumlah total halaman dan kata dalam dokumen, bahasa, dll.

Anda dapat mengonfigurasi bilah status dengan mengeklik kanan di mana saja dan dengan memilih atau membatalkan pilihan dari daftar yang tersedia.

Dialog Box Launcher

Ditandai sebagai panah sangat kecil di pojok kanan bawah banyak grup di Ribbon. Mengklik tombol panah kecil ini akan membuka kotak dialog yang menyediakan opsi perintah lebih lanjut tentang grup tersebut.

Nah, demikian pengenalan tampilan menu Microsoft Office 2010. Semoga bermanfaat!


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter