-->

Ad Unit (Iklan) BIG

;

Mengenal Microsoft Word : Fitur yang Sering Digunakan dalam Membuat Dokumen Word

Posting Komentar

Microsoft Office menjadi salah satu software yang banyak digunakan di dunia ini. Pelatihan dan kursur belajar MS Office ini menjamur pada akhir era 90-an dan awal 2000. Kebutuhan keahlian dalam menggunakan software ini menjadi penting, mengingat MS Office mempermudah berbagai pekerjaan administrasi di perusahaan. Era digital sekarang ini tentunya sangat mudah untuk belajar MS Word secara mandiri atau otodidak. Berkembangnya  internet mempermudah akses untuk belajar melalui modul pembelajaran secara online. Bagi yang baru mengenal Microsoft Word, berikut ini beberapa fitur yang sering digunakan dalam membuat dokumen Word. 

1. Mengubah Ukuran Kertas

Bisanya pengaturan default ukuran kertas pada Microsoft Word adalah ukuran A4. Anda bisa mengubah ukuran ini sesuai kebutuhanmu dengan cara klik menu Page Layout, lalu klik menu Size, setelah itu akan muncul beberapa ukuran kertas yang bisa Anda pilih.

2. Mengubah Orientasi Kertas

Orientasi kertas atau posisi kertas ada dua macam, yaitu Potrait dan Landscape. Anda bisa memilih orientasi kertas ini dengan cara klik menu Page Layout, lalu klik Orientation pada menu Page Setup pada Ribbon.

3. Mengatur Margin

Margin adalah jarak antara tepi kertas dengan tulisan. Ada empat tepi kertas yang bisa kita atur jaraknya yaitu atas, bawah, kanan, dan kiri. Dalam Microsoft Word sudah terdapat aturan Margin Default atau aturan bawaan. Namun Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhanmu.

Cara mengatur Margin: klik menu Page Layout, Lalu klik Margin pada menu Page Setup. Lalu akan muncul beberapa pilihan Margin. Anda bisa mengatur Margin sesukamu dengan cara klik Custom Margin, setelah itu Anda tinggal memasukan berapa jarak yang ingin Anda atur dari segala sisi kertas.

Tampilan Microsoft Word 2010
Tampilan Microsoft Word 2010

4. Mengubah Jenis dan Ukuran Font

Aturan default untuk jenis dan ukuran font di Microsoft Word adalah Calibri dengan ukuran 11. Ada banyak jenis dan juga ukuran font pada Microsoft Word yang bisa Anda atur sesuai keinginanmu.

Cara mengubah ukuran dan jenis font adalah dengan klik menu Home, lalu akan muncul menu Font pada Ribbon. Setelah itu Anda bisa mengatur jenis dan ukuran fontnya.

5. Mengatur Spasi Antar Baris

Spasi antar baris adalah jarak antara baris pertama pada tulisan dengan baris selanjutnya. Anda bisa mengatur spasi antar baris ini di menu Home, lalu akan muncul menu Paragraph pada Ribbon, selanjutnya Anda bisa memilih berapa jarak antar baris yang Anda inginkan.

6. Mengatur Huruf Kapital

Untuk mengatur huruf kapital caranya cukup mudah, Anda bisa mengaturnya dengan klik menu Home, lalu klik menu dengan simbol Aa. Untuk cara lebih mudahnya Anda bisa bisa menggunakan Caps Lock pada keyboard, atau Anda juga bisa menggunakan shortcut Shift+(huruf pada keyboard).

7. Memasukan Gambar

Anda juga bisa menyisipkan gambar pada dokumen Microsoft Word. Caranya adalah dengan klik menu Insert, lalu klik menu Picture. Setelah itu Anda tinggal pilih gambar yang tersimpan di perangkat komputermu.

8. Membuat Header dan Footer

Header merupakan catatan yang berada di atas sebuah halaman, sedangkan Footer merupakan catatan yang berada di bawah halaman. Anda bisa memasukan Header berupa teks maupun gambar yang nantinya akan muncul pada setiap halaman dokumen Anda.

Cara membuat Header dan Footer adalah klik menu Insert, lalu klik Header atau Footer. Setelah itu pilih jenis Header atau Footer yang ingin Anda pilih, lalu Anda tinggal menuliskan teks di Header atau Footer pada dokumen Anda.

9. Memberi Halaman

Untuk memberi halaman pada Microsoft Word caranya adalah klik menu Insert, lalu klik menu Page Number. Setelah itu akan muncul pilihan di mana Anda bisa memasukan halaman pada lembar dokumenmu.

10. Membuat Daftar

Anda bisa memasukan daftar pada Microsoft Word dengan bentuk bulatan, angka, huruf dan lain-lain. Caranya adalah klik menu Home, lalu klik menu daftar pada Ribbon Paragraph.

11. Huruf Tebal, Miring, dan Garis Bawah

Untuk membuat huruf tebal, miring, atau bergaris bawah, caranya adalah klik menu Home, lalu klik B untuk mempertebal huruf, I untuk huruf miring, dan U untuk garis bawah.

12. Mengatur Alignment

Alignment adalah rata tulisan pada dokumen. Ada 4 jenis alignment yang bisa Anda pilih yaitu rata kanan, rata kiri, rata tengah, dan rata kanan kiri. Caranya adalah klik menu Home, lalu klik salah satu menu Alignment yang Anda inginkan.

13. Memperbesar dan Memperkecil Tampilan Kertas

Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan Microsoft Word, Anda bisa menggunakan menu Zoom yang ada pada pojok kiri bawah. Anda bisa menggeser garis atau klik simbol (+) atau (-).

14. Membuat Tabel

Untuk menambahkan tabel, Anda bisa membuatnya dengan cara klik menu Insert, lalu klik Table. Setelah itu Anda bisa memilih berapa banyak kolom dan baris yang Anda butuhkan. Atau Anda bisa memasukan jumlah kolom dan baris sebanyak yang Anda inginkan dengan klik menu Insert Table.

15. Menyimpan Dokumen

Setelah Anda selesai menulis dokumenmu, selanjutnya adalah menyimpan dokumen. Untuk menyimpan dokumen Anda bisa klik menu Save yang ada di pojok kiri atas. Selain itu Anda juga bisa menyimpan dokumen dengan cara klik menu File lalu klik Save atau Save As untuk menyimpan dokumen dengan nama baru.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter