-->

Ad Unit (Iklan) BIG

;

Mengenal Fungsi Dasar Tombol Keyboard pada Microsoft Word

Posting Komentar

Keyboard adalah perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai alat input data yang berupa huruf, angka, simbol atau tombol khusus. Apapun yang dimasukkan melalui keyboard akan menjadi data atau perintah yang akan ditampilkan di layar monitor. Alat input lain yang khusus untuk melakukan perintah yaitu mouse (tetikus), dengan cara menggerakkan kursor dan klik kiri atau kanan. Ada baiknya kita mengenal fungsi dasar tombol keyboard sebelum menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Pada MS Word, peran utama keyboard adalah untuk mengedit ataupun mengetik teks dokumen. Tidak hanya itu, keyboard juga berfungsi untuk memformat dokumen dan hal-hal lainnya. Berikut ini beberapa fungsi tombol keyboard pada Microsoft Word.

Keyboard

  • Tombol karakter. Tombol ini untuk mengetik huruf (A, B, C, dst) maupun angka (1, 2, 3, dst) beserta juga tanda baca seperti koma, titik, dan lain-lain.
  • Shift. Berfungsi untuk mengetikkan huruf besar atau huruf kapital bisa juga untuk menggunakan lambang-lambang khusus di bagian atas tombol keyboard. Penggunaanya adalah dengan menekan tombol shift tersebut bersamaan dengan huruf yang ingin dirubah menjadi kapital atau sebaliknya.
  • Tombol fungsi. Yaitu tombol yang biasanya berawalan huruf F dan diikuti dengan angka. Mulai dari F1, F2…., F12. Tombol ini berguna untuk menjalankan perintah cepat.
  • Caps Lock. Berfungsi untuk membuat huruf kapital. Ketika caps lock aktif maka semua huruf yang diketik akan menjadi kapital. Biasanya tombol ini mempunyai indikator lampu yang ada pada keyboard. Cukup tekan tombol ini untuk mengaktifkannya dan lampu indikator pun juga menyala. Jika ingin mematikan Caps lock cukup tekan kembali maka lampu indikator pun juga ikut mati.
  • Backspace. Berfungsi untuk menghapus satu karakter ke belakang (ke kiri).
  • Enter. Digunakan untuk membuat baris baru atau pindah ke paragraf berikutnya.
  • Tombol panah. Tombol ini terdiri dari tombol panah ke atas, bawah, kiri dan kanan. Yang berfungsi untuk memindahkan kursor sesuai dengan perintah tombol panah yang digunakan.
  • Tombol pengeditan. Tombol yang terdiri dari tombol delete, Tab, dan Esc yang pada tiap tiap tombol tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Tombol delete digunakan untuk menghapus karakter pada kursor sebelah kanan (kebalikan dari backspace). Tombol tab digunakan untuk memindahkan kursor dalam satu tabulasi sebelah kanan. Sedangkan tombol Esc berguna untuk membatalkan sebuah perintah yang sudah dilakukan di menu yang sedang kita jalankan.
  • Tombol Alt. Berguna untuk menjalankan perintah cepat dengan kombinasi tertentu. Selain itu bisa digunakan untuk menjalankan tombol-tombol yang ada pada quick access toolbar dan membuka tab ribbon.
  • Ctrl. Tombol ini juga digunakan untuk melakukan perintah cepat dengan dikombinasikan tombol huruf pada keyboard. Contohnya Ctrl+S untuk menyimpan dokumen. Ctrl+C untuk copy teks atau objek pada suatu dokumen. Ctrl+V untuk paste objek atau teks yang telah disalin sebelumnya.

Itulah beberapa fungsi dasar tombol keyboard yang wajib diketahui untuk menggunakan aplikasi MS Word. Semoga bermanfaat!


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter